Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

25 September 2008

AM : "Kembali ke formasi lama"

Skuad PSIS (Semarang) akan kembali ke formasi lama ketika bertemu tuan rumah Persitara (Jakarta Utara) dalam laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2008 di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (27/9) lusa.

’’Melihat situasi yang ada saat ini, kemungkinan ada perubahan formasi tim. Formasi 4-4-2 yang biasa dipakai mungkin akan berubah menjadi 3-4-3 atau 3-5-2,’’kata Asisten Pelatih PSIS, Ahmad Muhariah, Rabu (24/9).

Muhariah menjelaskan, dia sudah berdiskusi dengan pelatih kepala Bambang Nurdiansyah perihal formasi ini. Terlebih formasi 4-4-2 yang digunakan sebelumnya masih kurang optimal dan membutuhkan pemahaman yang lebih dari Idrus Gunawan dkk.

’’Formasi 4-4-2 belum dipahami secara maksimal oleh anak-anak. Jika menggunakan formasi ini dibutuhkan pemain yang mempunyai tingkat pengalaman dan teknik yang baik,’’tambah Muhariah.

Pertimbangan lain adalah melihat pengalaman pertandingan sebelumnya. Dengan formasi 3-4-3 atau 3-5-2 pola serangan yang dibangun anak-anak PSIS bisa berkembang. ’’Dengan formasi ini pemain tengah jumlahnya akan lebih banyak. Ini penting untuk menguasai lini tengah permainan,’’urai Muhariah.

Sementara itu dipastikan Onambele Basile Jules tidak dapat memperkuat tim, ketika dijamu tim berjuluk Laskar Si Pitung. Pemain yang menempati pos gelandang ini terkena akumulasi kartu ketika bermain melawan Persib (Bandung), Senin (22/9) lalu.

Lini belakang


Meski demikian tim pelatih tidak masalah dengan absennya Onambele. Apalagi jika nanti benar-benar menggunakan formasi 3-5-2 atau 3-4-3, otomatis lini belakang sudah optimal dengan tiga pemain bertahan.

’’Jika memakai formasi 3-5-2, tiga pemain akan mengisi pertahanan. Mungkin akan memasang Deni Rumba, Idrus Gunawan, dan Edson Leonardo,’’tambah mantan kapten tim PSIS ini.

Menjawab pertanyaan kemungkinan Johan menjadi starter dan ditandemkan dengan Gaston Castano di lini depan, Muhariah mengatakan belum memutuskan. Pihaknya bersama Bambang Nurdiansyah akan membicarakan lagi mengenai hal itu.

’’Untuk striker pendamping Gaston belum ditentukan. Perlu pembicaraan lagi, apalagi ada Salomon Bengondo dan Didik Darmadi,’’katanya.

Punggawa PSIS akan mencoba Stadion Lebak Bulus, Jumat (26/9) lusa. Semua pemain dan ofisial menginap di wisma pemkot Cibubur, Bogor. Semua kondisi pemain tidak mengalami masalah dan waktu recovery selama empat hari dimanfaatkan untuk mengembalikan tenaga sebelum pertandingan.

’’Kami setiap hari latihan ringan di lapangan Pramuka di daerah Cibubur. Ini penting untuk menjaga kondisi fisik pemain menjelang lawan Persitara,’’pungkas Muhariah. (wawasan)

0 komentar:

Posting Komentar