Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

20 Februari 2009

Kenapa Sepakbola banyak penggemarnya ??


Sejak saya kecil saya selalu punya pertanyaan :
Kenapa sepakbola menjadi olahraga yang paling banyak penggemarnya? Atau, kenapa lebih banyak orang yang menyukai sepakbola ketimbang olahraga lain?

Sejujurnya, saya, dan juga banyak penggemar sepakbola yg lain, tidak tahu jawaban pasti dari pertanyaan itu.

Karena seru? Banyak olahraga yang juga tidak kalah serunya. Atau ada yg menjawab karena sepakbola adalah olahraga yang macho, keras dan full body contact? Banyak juga olahraga yang bahkan lebih keras dari sepakbola.

Lantas apa?
Sangat sulit. Tapi setelah bertahun-tahun, saya mulai merasa sedikit bisa mengetahui jawabannya. Salah satunya adalah Filosofi yg ada di dalam sepakbola yg bisa diterapkan dalam kehidupan nyata. Bahkan dalam kehidupan bernegarapun, filosofi sepakbola juga ada.

Pernahkah anda berpikir kalau :
Presiden bisa diibaratkan sebagai manajer tim yg memberikan instruksi, arahan dan program pada timnya. Sebagai manajer, dia harus cerdas dan kreatif juga tegas. Program2 nya harus jelas dan terstruktur agar tim yang dipimpinnya mencapai sasaran yang diinginkan.

Menteri bisa diibaratkan sebagai gelandang yg menjadi pengatur permainan. Menteri2 lah yg mengatur kebijakan atas dasar instruksi dan arahan presiden. Jika arahan bisa diterjemahkan dengan baik maka pembangunan juga akan berjalan dengan baik, seperti para gelandang yang mengalirkan serangan dengan baik.

Striker dalam pembangunan adalah para profesional dan praktisi yg terlibat secara langsung dalam pembangunan. Ditangan merekalah pembangunan ini bertumpu. Jika mereka melempem, jangan harap pembangunan berjalan dengan baik, sama halnya jika para striker mandul, maka gol yang diinginkan juga akan seret.

Sedangkan Defender dan kiper dalam bernegara adalah Para penegak hukum. Mereka adalah benteng terakhir agar gawang tidak kebobolan. Defender dan kiper yg handal akan membawa rasa aman. Penegak hukum yang profesional dan tegaspun akan membawa ketenangan dalam kehidupan. Sebaliknya, aparat yang lembek, korup dan pilih bulu akan membawa krisis kepercayaan yang berujung pada tidak beresnya program pembangunan.

Dan yg paling penting adalah goal atau tujuan. Dalam sepakbola, gol yang tercipta akan membawa kemenangan, sedangkan dalam bernegara, golnya adalah tercapainya cita2 yang diinginkan dalam mendirikan negara.

0 komentar:

Posting Komentar